sin cera

it’s about me and my project

The 2 Most Important Facts about Successful Weight Loss

Ada rekan yang bertanya, “Fred, gw dah diet..tapi koq berat badan gw ga turun-turun juga sih?” Ada juga yang sering bertanya “ Sebenarnya makanan apa sih yang bagus buat nurunin berat badan?”. Berat badan yang berlebih merupakan problem klasik yang selalu kita hadapi setiap hari..or setidaknya kita baru sadar bahwa berat badan kita berlebih pada saat kita menghadapi acara-acara khusus dan…..ternyata baju dan celana kita sudah tidak muat lagi. “Koq bisa sih? Perasaan baru kmaren gw pake nih celana dan muat-muat ajah koq!”. Dari situ biasanya kita mulai berkomitmen untuk melakukan diet dengan tujuan menurunkan berat badan. Namun banyak orang yang gagal, walaupun sudah melakukan diet yang ketat seperti halnya teman saya.

Sebelum memulai diet atau berbagai macam diet yang ada pada saat ini, ada baiknya kita memahami 2 prinsip dasar dari diet itu sendiri.

  1. Penurunan Berat Badan anda sangat tergantung kepada keseimbangan Energi/Kalori Tubuh anda.
    Tadi siang saat selesai shalat dzuhur di masjid, ada teman yang bilang kalau saya kurusan. Tem,an berkata..”berarti puasa loe sukses yah…lu kurusan sekarang”. Berarti puasa bisa ngurusin berat badan dong……!! Jawabannya bisa benar, bisa tidak. Prinsipnya agar diet penurunan berat badan anda berhasil, maka jumlah kalori/energi yang anda konsumsi dari makanan anda harus lebih kecil dari jumlah energi yang anda keluarkan untuk beraktivitas.

Pada kasus saya, jumlah energi/makanan yang saya konsumsi memang sedikit berubah dibandingkan pada bulan sebelumnya pada saat saya tidak puasa. Sedikit bocoran, selama puasa ini saya memang mengurangi konsumsi nasi (sumber karbohidrat). Bahkan kadang dalam sehari saya tidak memakan nasi sama sekali. Seperti kita ketahui, nasi merupakan sumber energi utama masyarakat indonesia. Dikarenakan input energi dari nasi berkurang, maka secara total jumlah energi yang saya konsumsi setiap harinya lebih sedikit dibandingkan jumlah energi yang saya konsumsi bulan sebelumnya. Dikarenakan tingkat aktivitas saya selama bulan ramadhan ini cenderung tetap, alhasil energi yang saya konsumsi lebih rendah dari tingkat energi yang saya keluarkan untuk aktivitas sehari-hari.

Jadi jika ingin diet anda sukses, yah..kurangin dongg makanannya or jika ga mau makannya dikurangin yah tingkatkan aktivitas anda dengan olahraga. Sehingga akan didapatkan tingkat keseimbangan energi anda yang negatif (pemasukan energi lebih kecil dari pengeluaran energi).

Dari prinsip pertama ini anda dapat mengembangkan strategi anda dengan cara:

· Memilih makanan yang rendah kandungan energinya

· Memilih jenis aktivitas yang membutuhkan kalori yang banyak

· Memilih jenis/metode diet yang sesuai dengan kondisi anda

· Memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi anda

  1. Jika diet anda telah sukses menurunkan berat badan anda, maka pertahankan gaya hidup anda selama diet tersebut.

Setelah teman saya berkata bahwa saya kurusan selama puasa, saya jadi berpikir. Berarti nanti kalau sudah tidak puasa lagi berat badan saya bisa balik lagi seperti dahulu…bahkan bisa lebih.

Prinsip yang kedua dari keberhasilan diet adalah, lakukan perubahan gaya hidup (dalam hal ini bisa pola makan atau olahraga) dan pertahankan gaya hidup tersebut. Sebaiknya perubahan gaya hidup dilakukan secara perlahan dan tidak drastis. Salah satu kegagalan dalam mempertahankan berat badan adalah karena perubahan gaya hidup yang dilakukan terlalu drastis dan tidak rasional. Saya pernah melakukan diet dengan cara berolahraga. Olahraga yang saya lakukan yaitu dengan cara berlari setiap pagi. Waktu itu saya mentargetkan 30 menit berlari, dan 1 minggu selama 3 kali. Tapi hanya berlangsung selama 1 minggu saja. Dan berat badan saya tidak berubah sama sekali. Jika saya analisa kenapa gagal, karena saya waktu itu tidak enjoy…saya menganggap lari selama 30 menit tidak menyenangkan. Mungkin apabila waktu itu saya ganti menjadi 10-15 menit sehari, hasilnya bisa berbeda. Sekarang yang saya lakukan untuk menurunkan berat badan adalah, melakukan hal yang kecil terlebih dahulu dan tidak membebani. Yaitu, mengurangi konsumsi nasi dan menggantinya dengan memakan sayuran. Jadi sekarang kalau saya berbuka, setelah salat magrib saya mengambil sayuran di dalam mangkok dan mencampurnya dengan lauk. Jika saya ingin memakan nasi, saya lakukan setelah taraweh atau saya ganti saja nasi dengan mie.

So…seperti apa cara anda untuk menurunkan berat badan? Apapun caranya jangan lupa kedua prinsip diatas. Jangan pernah pusing untuk menentukan jenis diet apa yang paling efektif….cukup ikuti rasulullah. Puasa senin-kamis…..hmmm it’s worth to try.

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: